Kenapa SMK Banyak Laki - Laki Daripada Perempuan ?

Pada waktu kita sekolah kita sering sekali melihat anak SMK yang mayoritas berjenis kelamin Pria. Memang hal wajar kita sering melihat beberapa SMK di Indonesia ber - mayoritaskan Laki – Laki dari pada Perempuan. Lalu,  Kenapa itu bisa terjadi ?. Sebelum kita  bahas lebih jauh kita bahas dahulu apa itu SMK.  



  SMK adalah singkatan dari Sekolah Menengah Kejuruan. SMK lebih mengedepankan Hardskill daripada Softskill , dan lebihnya SMK itu sering Praktek daripada belajar Teori. Dan kebanyakan Perempuan itu gak suka “Capek dan Kotor”, Apalagi perempuan sosialita. Tapi tidak semua Perempuan seperti itu ada beberapa perempuan special yang beda dengan perempuan lainnya, Kayak kamu yang lagi baca (perempuan).

  Sekarang kita ke masalah inti, Kenapa SMK Banyak Laki – Laki Daripada Perempuan ?.Selain alasan diatas ada beberapa teori – teori yang tersebar sebagai berikut :

     1. Siap Kerja, Kebanyakan murid SMK adalah manusia yang sudah siap untuk bekerja.Memang SMK ditujukan untuk membuat generasi yang Siap Kerja. Setiap laki – laki nantinya akan menjadi Kepala Keluarga, dan Wajib untuk menafkahi keluarganya .Itu sebabnya laki – laki termotivasi oleh kewajiban tersebut sehingga membuat Para Generasi Muda untuk langsung bekerja.

     2. Pembentuk Karakter, Sistem pembelajaran SMK lebih keras dari SMA, dan membuat manusia yang  lebih disiplin. Laki – laki memang harus disiplin , Rajin dan Dispilin agar dapat menjadi pemimpin yang baik nantinya.SMK menjadi pilihan yang tepat untuk mengembangkan Karakter tersebut.

      3.  Berani Kotor dan Lelah, Dari segi kebiasaan wanita lebih suka Kebersihan dan Tidak mau capek. SMK kebanyakan isi cuman Praktek dan Praktek walaupun diselingi dengan Teori, namun tetap saja murid SMK selalu praktik keahliannya setiap hari. Kotor , adalah kata yang sangat tepat untuk mencerminkan kehidupan SMK, apalagi jurusan Bangunan dan Pertanian serta Kendaraan.

       
   Teori diatas adalah beberapa alas an dari beberapa orang yang saya interview.Namun tetap saja masih ada kekurangan dari teori diatas. Tetapi  menurut pemikiran saya, Laki – laki maupun perempuan sama layaknya berada di SMK. Walaupun tidak semua SMK itu kebanyakan laki – laki , nyatanya ada SMK yang jurusannya banyak  perempuannya dari pada laki - laki, misal Jurusan Perawat, Apoteker , Tata Boga , Fashion dan Lain – lain.

   Author hanya menulis artikel ini hanya untuk menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh kalayak umum.Banyak dari orang hanya menilai sesuatu dari sudut pandangnya saja, dan tidak peduli dengan sudut pandang orang lain. Mungkin sekian artikel dari saya, dan seperti biasa,

Terima Kasih

0 Response to "Kenapa SMK Banyak Laki - Laki Daripada Perempuan ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel