Kenapa Patokan Jam Dunia Berada Di Greenwich (Inggris)?



     Banyak yang bertanya kenapa patokan jam dunia berada di Greenwich ?,.Greenwich Mean Time (GMT) adalah rujukan waktu internasional yang pada mulanya didasarkan pada waktu matahari di Greenwich.Tetapi Kenapa di Greenwich ?,Sekarang kita akan bahas pertanyaan – pertanyaan berikut.


  Kita mulai dengan sejarahnya terlebih dahulu. Munculnya persoalan tentang pengaturan standar waktu dunia ketika teknologi Kereta Api makin Berkembang.Ketika kereta api melalui daerah dengan waktu lokal yang berbeda,Sehingga membuat para penumpang kereta api kebingungan dengan waktu tujuan mereka. Sin Standford Fleming  mengusulkan perlu adanya standar wakut dunia di akhir tahun 1870. Pada tahun 1884, diselenggarakan Konferensi Meredian yang bertempat di Washington DC yang dihadiri oleh 27 utusan dari berbagai negara dan memutuskan setiap Negara dibagi menjadi 24 zona waktu, dengan setiap zonanya selebar 15 derajat bujur bumi dan dimulai dari Greenwich di England.

  Penetapan Greenwich Mean Time (GMT) tidak lepas dari sejarah ditetapkan kota tersebut oleh Royal Observatory pada tahun 1675 untuk keperluan navigasi pelayaran kerajaan Inggris.Seiring dengan penguasaan laut dan juga pengaruh kerajaan Inggris pada kala itu yang merupakan kekuatan kolonial super power dunia, standar waktu dunia mulai menyebar dan dipakai di beberapa Negara.

  Dari Greenwich-lah, bumi dibagi menjadi garis – garis bujur imajiner. Setiap 15 derajat sama dengan satu jam. Karena satu putaran bumi itu memakan waktu 24 jam, perbedaan waktu satu jam adalah 360 derajat / 24 = 15 derajat garis bujur.Setiap 15 derajat dari sanan dihitung berbeda satu jam dalam hitungan 24 jam.Perhitungan hari dan penanggalan internasional pun bermula dari bujur yang berjarak 180 derajat dari Greenwich.Inilah pembagian zona yang dirintis oleh orang Kanada, Sir Stanford Fleming(1827 – 1915).

  Sekarang, Kenapa Indonesia memiliki waktu lokal GMT +7 , +8 dan +9 ?, Indonesia dari Greenwich terletak di 95 derajat Bujur Timur (BT) sampai 141 derajat Bujur Timur(BT).Jika dihitung dari garis nol derajat (Greenwich),posisi di 95 derajat BT ini memiliki perbedaan waktu sebanyak 95 derajat / 15 derajat = 7 jam lebih awal dari waktu di Greenwich. Akibat posisi Indonesia yang terbentang dari 95 BT hingga 141 derajat BT,Indonesia pun terbagi menjadi 3 Zona waktu yang masing – masing berbeda satu jam.Yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB) dengan GMT +7,Waktu Indonesia Tengah (WITA) dengan GMT +8, dan Waktu Indonesia Timur (WIT) dengan GMT +9.

  Sebab itulah Greenwich menjadi patokan jam Dunia sekarang.Kita juga harus belajar sejarah agar mendapatkan ilmu yang lebih bermanfaat lagi.Karena kita bisa melewati hal – hal yang sulit melalui pengalaman dari nenek moyang kita.Mungkin sekian artikel dari saya.Seperti biasa.

 Terima Kasih.

0 Response to "Kenapa Patokan Jam Dunia Berada Di Greenwich (Inggris)?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel