Teks Pidato Tema : Keunggulan Siswa SMK

Taman Lantai 3_170812_0041
Assalamualaikum ..
Bismillahirrahmannirrahim..
Pada postingan kali ini saya akan memberikan contoh teks pidato yang saya buat dengan sistem ATM (Amati Tiru Modifikasi). kita langsung saja ke pengertian pidato.
Pengertian :


Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum dengan cara tertentu untuk mencapai tujuan tertentu pula. Pidato juga biasanya dibawakan oleh seseorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan suatu hal atau peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato juga merupakan salah satu materi penting dalam pelajaran Bahasa Indonesia.
Kita Langsung saja ke Teks Pidato Bahasa Indonesia dengan Tema Keunggulan Siswa SMK


Pembukaan :
Assalamualaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh.

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat serta hidayahnya, sehingga pada kesempatan hari ini kita dapat bertemu dan berkumpul bersama – sama , karena tanpa nikmat dan karunia – Nya kita tidak dapat berkumpul dan mendengarkan pidato yang saya bawakan ini.

Tak lupa juga saya ucapkan kepada segenap hadirin dan teman teman semua yang mana telah menyempatkan diri untuk menghadiri dan mendengarkan pidato yang saya bawakan.

Isi :
Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh setiap orang di negara-negara berkembang seperti Indonesia.Masih sedikitnya lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan banyaknya jumlah calon tenaga kerja. Selain itu masih mahalnya biaya pendidikan menjadi penyebab sulitnya seseorang memperoleh pekerjaan terutama bagi orang-orang yang tidak mampu menyekolahkan anaknya hingga ke jenjang perguruan tinggi.

Namun di SMK, kita diberikan keterampilan, persiapan mental dan kedisiplinan agar siap bekerja di dunia usaha dan industri karena pada era globalisasi terjadi persaingan yang ketat antar perusahaan atau industri sehingga banyak perusahaan atau industri yang membutuhkan tenaga kerja yang ahli dan terampil agar dapat bersaing dengan perusahaan atau industri lainnya dalam membuat barang atau jasa yang berkualitas.Semakin banyaknya perusahaan atau industri yang bekerjasama dengan SMK dalam perekrutan karyawannya membuat terbukanya banyak lowongan kerja bagi tamatan siswa SMK yang aktif, kreatif, dan produktif.

Aktif yaitu kita tidak boleh hanya berdiam diri atau malas dalam mengikuti kegiatan belajar di Sekolah agar kita dapat memahami pelajaran yang kita belum pahami selain itu kita akan terbiasa untuk hidup aktif di manapun kita berada. Kita juga harus aktif dalam mencari lowongan pekerjaan karena kita tidak hanya duduk diam menunggu pekerjaan datang menghampiri kita.Selain itu kita juga dituntut untuk kreatif dan produktif.

Kreatif yaitu dapat memanfaatkan keadaan atau peluang apapun dengan apa yang kita miliki, sedangkan produktif yaitu menghasilkan sesuatu dengan keterampilan yang sudah kita dapatkan dari SMK.Janganlah kita menyia-nyiakan keterampilan yang sudah kita miliki. Ketiga hal inilah yang menjadi pertimbangan bagi suatu perusahaan atau industri dalam merekrut karyawannya selain prestasi akademis kita di SMK.

Penutup :
Demikianlah pidato singkat tentang keunggulan siswa SMK  yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga kita sebagai siswa SMK harus menjadi bagian dari masyarakat yang terampil, Oleh karena itu,kita harus mengubah sikap kita dari sekarang untuk menjadi calon tenaga kerja yang aktif, kreatif, dan produktif sehingga dapat diterima oleh suatu perusahaan atau industri.

Akhir kata, semoga ulasan singkat ini bisa mengingatkan kita akan keunggulan siswa SMK. Wallaahul muwaafiq ila aqwaamittooriq

Wassalaamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh.



sumber : http://rulisofyan.blogspot.co.id/2010/04/naskah-pidato-penyuluhan-bagi-siswa-smk.html    
(Dimodifikasi)

3 Responses to "Teks Pidato Tema : Keunggulan Siswa SMK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel