Cara Setting SDK Android Di Unity Beserta Masalah Saat Build .apk.

image
   Oke disini saya akan membahas tentang bagaimana Cara Setting Path SDK Android di Unity dan juga Cara mengatasi Masalah (Unable to list target platforms. Please make sure the android sdk path is correct. See the Console for more details) pada saat build project ke .apk.



1. Pertama kita check terlebih dahulu apakah kita sudah menginstall SDK Android , jika kita sudah menginstall Android Studio beserta paket – paketnya. Pasti disitu terdapat folder SDK Android secara default terletak pada :
C:/Users/[Nama_user]/AppData/Local/Android/Sdk


*nb :
[Nama_user] : adalah nama user komputer anda.
folder AppData biasanya tersembunyi,  coba kalian unhide. banyak tutornya di google.


2. Setelah itu coba masuk ke Unity-> Preferencess –> External Tool. jika kalian menggunakan versi lawas Preferencess terdapat di menu Edit.

imageimage

3. Seperti kalian gambar diatas , terdapat setting untuk mengubah atau mengarahkan SDK Android ke Unity. Tinggal kalian klik Browse dan arahkan ke Sdk Android kalian.


4. Jika kalian tidak menginstall Android Studio. Maka kalian bisa langsung download pada button Download yang disediakan. Ukuran nya tidak jauh beda dengan SDK pada umumnya. File akan berbentuk .exe , tinggal kalian Run saja.


Masalah :



Masalah yang sering terjadi saat build .apk  adalah ”Unable to list target platforms. Please make sure the android sdk path is correct. See the Console for more details.” Masalah ini terjadi karena versi tools pada SDK Android anda tidak sesuai atau tidak kompatible pada versi Unity anda . untuk mengatasi masalah ini kita harus Mendowngrade tools pada SDK Android anda . kita akan menggunakan solusi di bawah ini :
      
  • Pertama kalian harus mencari folder SDK kalian ( Jika kalian tidak mengubah path folder pada saat installation saat menginstall Android Studio maka letak default nya akan seperti diatas).
  • Rename folder tools di pada folder Sdk kalian : ../Sdk/tools –> tools123 (ubah namanya)
  • lalu kalian download Android SDK Tools , Revision 25.2.5 (January 2017) : http://dl-ssl.google.com/android/repository/tools_r25.2.5-windows.zip
  • Setelah selesai terdownload , Extract pada folder SDK Android kalian.
  • Lalu di Unity kalian , setting path SDK Android kalian cara nya seperti tutorial diatas.
  • Lalu Build Project kalian!.
Here some other guys who found the solution too:
http://stackoverflow.com/questions/42538433/not-finding-android-sdk-unity#http://answers.unity3d.com/questions/1320150/unable-to-list-target-platform.html

8 Responses to "Cara Setting SDK Android Di Unity Beserta Masalah Saat Build .apk."

  1. gan,, saya pake unity 5.6.2 di preferences-external tool gak muncul browser ubtuk upload sdk sma jdk nya ,, ada solusi gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya ga muncul browser itu gimana ya gan? Ga ada pilihannya atau ga mau buka direktorinya?.
      Coba di Unity > Preferences gan,
      atau
      Coba agan build dengan platform android, otomatis dia bakal nanyain tempat folder jdk nya agan.

      Hapus
  2. Gan saya upload SDK, saya klik browse saya klik folder.nya kok gk bisa ya. Balik lg ke awal gtu trus gk bisa". Klo download malah suruh download AS tp kan saya sudah punya.

    BalasHapus
  3. min, gw uda download sdk sesuai dengan unity 5.6. ketika di pilih directory nya malah keluar terus.gak bisa dipilih gitu. gimana solusinya nihh???

    BalasHapus
  4. Semua sudah..muncul failed to build apk...dimana salahnya ?

    BalasHapus
  5. bg mau nanya nih yg di urutan nomor 2 aku gk muncul utk penyimpanan android sdk di bagian unity 3d mohon penjelasannya bg

    BalasHapus
  6. bang kalo ada masalah kya gini " Minimum API Level Not Supported on Requested XR Device Tango Requires a Minimum API Level of 24.

    BalasHapus
  7. Right, we can say that the gaming industry is rapidly growing and hence the demand for game developers is increasing with the everyday rise of game developer jobs. If you are a professional developer, sign up today with Eiliana.com. a global freelancing platform where you can place your bid on top projects.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel