Kenapa Seseorang Bisa Dibilang Ganteng,Cantik Atau Jelek ?

              
   Pemikiran seseorang ketika memandang penampilan kita sangatlah berbeda – beda, mulai dari orang berkata “Ganteng” , “Cantik” ataupun “Jelek”. Tetapi, apakah kita menyadari kenapa kita bisa disebut sedemikian rupa?. Lalu kenapa setiap golongan tersebut memiliki pandangan yang berbeda – beda dari orang lain?. Kita akan membahas satu per satu secara lebih rinci tentang kasus tersebut.

    Jika kita tengok, kedalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti dari Ganteng adalah elok dan gagah (tentang perawakan dan wajah, khusus untuk laki – laki). Sedangkan Cantik adalah elok ; molek (tentang wajah,muka perempuan); indah dalam bentuk dan buatanya sangat rupawan( tentang orang perempuan). Jika kita lihat dari definisi berikut memang ganteng dan cantik adalah mutlak.

“Lalu jika memang mutlak , Kenapa ada orang jelek dan apa itu Jelek ? ”.
          
    Jelek (dalam definisi KBBI ) adalah tidak enak dipandang mata; buruk ( tentang wajah); tidak menyenangkan (tidak menentramkan, tidak membahagiakan dan sebagainya). Dalam definisi tersebut secara umum memang benar jelek itu tidak enak dipandang mata, tetapi apakah semua orang ganteng, cantik dan jelek hanya dinilai dari penampilan fisik ?. Jawabannya adalah Tidak. Kenapa?, mari kita bahas lebih lanjut.
                       
    Secara umum tampan adalah ia yang mempunyai postur tubuh tinggi dan berotot. Sementara itu , Cantik ialah yang memiliki mata yang besar, pinggang yang kecil , payudara yang besar, dan bibir yang penuh. Sebuah ilmuwan yang meneliti tentang definisi Tampan(ganteng) dan Cantik, telah melakukan riset yang yang menghasilkan sebuah arti lain dalam bidang penampilan. Doktor Chris Solomon dari University of Kent, ia melakukan riset di Inggris dengan meminta orang menilai penampilan dari 100 profil wajah yang berbeda. Dan hasilnya kebanyakan orang Inggris menunjukan anggapan tentang lambang keindahan pada manusia.Tentu saja mereka memilih tampilan ras kaukasian atas berkulit putih.
             
    Hal ini terjadi karena kedua survei dan profil dilakukan di inggris,yang tidak memiliki rasa tau etnis yang beragam dibandingkan dengan bagian lain dari dunia.Ketertarikan fisik sebenarnya rumit dan bervariasi di masing – masing kebudayaan manusia, era, dan preferensi individu.Jika kita lihat hal yang menjadi faktor dalam penilaian ini adalah Sebagai berikut.



1.      Sudut Pandang

Setiap orang memang memiliki sudut pandang yang berbeda - berbeda. Perbedaan ini dipengaruhi oleh pemikiran , sosial dan juga jiwa kita. Kita sering berdebat suatu hal dikarenakan Sudut Pandang kita berbeda. Sama halnya dengan penampilan, Sudut Pandang mereka dalam menilai penampilan bisa jadi berbeda dengan kita dalam menilai penampilan.

2.      Pembanding

 Ya, salah satu faktor yang lain adalah terdapat orang yang bisa dibandingkan.Ada beragam penampilan yang berbeda- beda , ada yang pesek, mancung , putih , hitam dan masih banyak lagi.Jika kita hanya satu – satunya orang yang ada di dunia ini, maka kita sudah pasti dinyatakan orang tercantik atau tertampan di dunia.Jadi berterima kasihlah kepada orang disekitarmu, berkat orang lain anda dapat menjadi orang yang lain dari pada yang lain.

3.      Sifat Dan Perilaku

Banyak orang berkata bahwa , “Cantik dan Tampan itu dari Hati”, Pernyataan itu  mungkin ada benarnya juga.Sifat juga mempengaruhi penampilan yang ada pada diri kita. Jika kita berpenampilan elok tetapi sifat dan perilaku  kita buruk,Maka penampilan itu akan luntur, Hali itu berlaku juga sebaliknya.Jadi, Perbaikilah sikapmu jika belum baik dan Pertahankan sikapmu jika sudah baik.Karena itu akan menjadi salah satu kunci Kehidupan.

            Faktor – Faktor tersebut adalah hal yang umum, mungkin ada juga Faktor khusus dalam menilai Penampilan sesorang. Yups, itu semua kembali ke dalam diri kita masing – masing ingin menganggap diri kita sebagai apa, dan Orang lainlah yang menilai kita. Ibu anda berkata kepada anda adalah Orang tercantik atau tertampan yang pernah ia temui, tetapi akan berbeda jika kita meminta orang lain untuk menilai.
            
           Jadi Kesimpulanya, Cantik atau Ganteng dan Juga Jelek itu semua Relatif. Hak mereka menganggap kita seperti apa, kita tidak bisa melarang mereka dalam menilai seseorang.Cukup menjadi diri kita sendiri. Karena Keindahan Hidup Berasal dari Diri Sendiri . Cukup sekian artikel dari Saya ,Seperti biasa.

Terima Kasih.
                       


 

1 Response to "Kenapa Seseorang Bisa Dibilang Ganteng,Cantik Atau Jelek ?"

  1. Gokil gan, numpang share ya
    bagi yang ingin tahu seputer Networking/Jaringan, kunjungi ya https://pintar-network.blogspot.co.id. Thanks gan

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel