Materi Bahasa Inggris Untuk Persiapan UNBK

materi abaha
Assalamualaikum Wr. Wb
  Oke author bakal bagi materi tentang apa saja yang dipelajari untuk persiapan UNBK Bahasa Inggris, Nah materi nya itu memang cukup simple kalau kita bisa memahami kalimat serta perkataan pada soal nanti. Semoga materi yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi kita semua. Sebelum kita membahas materi , saya akan membagikan beberapa Tips and Trik bagaimana cara menjawab soal Bahasa Inggris  :


*) Bagi yang mau langsung ke materi bisa langsung ke link di bawah sendiri, But..


You Must Read This !!


Side Note : Tips And Trik


LISTENING SECTION

  Pasti nanti nya, akan ada Listening Section , jumlah soal Listening Section ada 15 Soal  , dan terbagi dengan Tiga Part :
  • Part 1 : Picture
Di part ini kita bakal ditampilkan Gambar (Pictures) . Lalu bakal ada dialog yang berhubungan dengan gambar itu misal Tempat , Warna , Letak, , Bentuk dan lain – lain.
  • Part 2 : Statement
Dipart ini kalian bakal mendengarkan statement atau dengan kata lain pernyataan , pemberitahuan , atau pengumuman tentang suatu hal.
  • Part 3 : Short Conversation
Dipart ini kita bakalan diberikan sebuah  percakapan pendek antar 2 orang atau lebih. dimana yang bakal ditanyakan berhubungan dengan percakapan tersebut.
  • Part 4 : Dialog
  nah cara mudah untuk mendengarkan Dialog perkataan tersebut adalah dengan membiasakan diri kita untuk mendengarkan Accent bahasa inggris yang mereka gunakan . Semakin kita terbiasa untuk mendengarkan Orang ngomong Inggris kita bakal mudah untuk menerjemahkannya dan jangan lupa dengan Vocabulary kalian.

READING SECTION

  Dalam Reading Section kalian diharuskan membaca text bahasa inggris yang sangat banyak dan merepotkan. soal dalam Reading Section ada  Dalam Soal di Reading Section author menganalisa soal bahasa inggris dan mendapatkan beberapa tipe soal yang bakal muncul di Reading Section.

Contoh 1 :

image
  Dalam contoh tersebut , kita disuruh memilih jawaban yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut, lalu bagaimana cara mencari jawaban yang tepat. biasanya materi yang akan digunakan pada soal disini adalah
  • Giving Suggestion
  • Giving Advice
  • Giving Your Opinion
  • And Congratulations Other
  Materi diatas mungkin yang bakal muncul pada tipe soal pertama di reading section. tetapi dengan variasi yang berbeda, kunci utama untuk menjawab soal dengan tipe ini adalah mencari jawaban terbaik dengan kondisi yang diinginkan soal.

Contoh 2 :
image
 
  Contoh soal yang kedua mungkin agak berbeda dengan contoh soal yang pertama, disini kita diberikan sebuah dialog antar 2 orang atau lebih , akan tetapi disini kita harus mencari jawaban dengan cara  memahami dialog tersebut, jawaban mungkin tersirat atau tersurat , Tergantung kondisi pada soal tersebut. pinter – pinter kalian lah , gimana cara jawabnya.

Contoh 3 :
image
 
  Dicontoh soal tipe ketiga pada reading section, kita bakal diberikan sejumlah text bahasa inggris yang mungkin bakal menyita waktu kita, dan text ini pun digunakan untuk beberapa soal selanjutnya , tips untuk menjawab soal ini adalah dengan membaca soalnya terlebih dahulu, apa yang diinginkan soal, misal contoh diatas menginginkan tujuan text tersebut. Setelah itu baru kita cari tujuan text tersebut dengan membaca serta memahami text. Hal ini mungkin membuat banyak waktu jika kalian tidak cekatan dalam memahami soal dan text.

Contoh 4 :
image

  Nah, pada tipe soal terakhir pada reading section disini kita diharuskan untuk mengisi kolom yang kosong dengan kata yang tepat pada text diatas. Bagaimana cara memilih kata yang tepat? ada beberapa cara bagaimana cara memilih kata yang tepat, pertama dengan memperhatikan kalimat dan kata sebelumnya, pastikan tidak menjadi kalimat yang ambigu. lalu perhatikan bentuk tenses nya, yang penting kalian yakin bahwa kata itu cocok dengan kalimat yang ada di text tersebut.
Materi yang bakal muncul pada soal reading section  ada beberapa macam , seperti :
  • Announcment
  • Letter
  • Description Text
  • Narative Text
  • Procedure Text
  • Report Text
  • And Many More
  Nah itu semua hanyalah Side Note yang untuk mengenalkan kalian pada soal yang akan muncul di UNBK, kita kalau mau menang, harus mengenal lawan terlebih dahulu,  jangan asal ngeklak – ngeklik tanpa tau jawabannya bener atau salah. Minimal belajar secara tidak langsung lah.. kayak misal author nih, belajar nya cuman Nonton Film Inggris , tapi bukan hanya sekedar nonton, belajar menerjemahkan , setiap kalimat yang diucapin si Aktor, atau memahami kalimat – kalimat yang diucapin.

Itu aja sih Tips and Triknya , ya kalo ada yang salah tentang materi atau penyampaian soalnya. kalian bisa CIDB (Comment In Down Bellow).

Untuk Materi Belajar, kalian bisa coba materi yang telah saya buat , langsung klik aja:

0 Response to "Materi Bahasa Inggris Untuk Persiapan UNBK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel