Kenapa Kita Bisa Sakit Hati?

Related image


Assalamualaikum Wr. Wb

Kali ini author bakalan membahas tentang Sakit Hati , emang sakit hati itu apaan? Apakah itu adalah kesakitan di bagian organ hati?. Bukan, sakit hati yang bakalan author bahas adalah sakit hati karena kita putus cinta , ditinggalkan kekasih yang kita cintai atau sesuatu hal yang dilakukan pasangan kita dan membuat kamu merasa tidak nyaman dan kesakitan. Sedih ya :(

Sakit Hati atau Patah Hati adalah suatu metafora umum yang digunakan untuk menjelaskan sakit emosional atau penderitaan mendalam yang dirasakan seseorang setelah kehilangan orang yang dicintai, melalui kematian, perceraian, putus hubungan, terpisah secara fisik atau penolakan cinta.

- wikipedia

Bisa kita lihat dalam penjelasan itu bahwa sakit hati adalah kesakitan yang kita rasakan secara emosional, merasakan sedih. Frasa ‘sakit hati’ mengarah pada sakit fisik yang dirasakan seseorang di dada sebagai dampak kehilangan tersebut, tetapi ada pula perpanjangannya yang meliputi trauma emosional ketika perasaan tersebut tidak dialami sebagai wujud sakit somatik.

Karena hal itu, saat kita sedang sakit hati pasti merasakan sakit dibagian dada dan jantung yang sulit sekali kita jelaskan dengan kata – kata. Memang hal jarang terjadi pada orang yang tidak memiliki perasaan yang kuat.

Manusia tidak selalu sadar dengan apa yang mereka rasakan. Seperti hewan, mereka tidak mampu mengungkapkan perasaan mereka dalam bentuk kata-kata. Hal ini bukan berarti bahwa mereka tidak punya perasaan.

- Jeffrey Moussaieff Masson:

Dalam filosofi itu bisa kita simpulkan bahwa semua makhluk hidup memiliki perasaan, mulai dari manusia , hewan , tumbuhan dan mikroorganisme terkecil pun memiliki perasaan. Apa bukti bahwa mereka punya perasaan? Buktinya ada pada dunia ini, dimana masih ada nya keseimbangan antar makhluk hidup. Saat keseimbangan itu hilang, maka saat itu adalah makhluk hidup kehilangan perasaannya.


Kembali ke topik kita tentang sakit hati, perasaan kita yang menguat dari waktu ke waktu terhadap orang atau sesuatu yang kita sayangi, membuat kita berfikir bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Akan tetapi saat kita mengalami sakit hati, seakan kita hilang dari dunia ini.


Memang banyak hal yang bisa terjadi akibat sakit hati, kita mulai melampiaskan kesakitan itu kepada hal disekitar kita, kita melampiaskan karena merasa kesal , putus asa dan juga sedih. Ini membuat kita melakukan banyak hal. Seperti menyalahkan orang lain, menyakiti diri sendiri, bahkan sampai bunuh diri. Hal ini tidak boleh dibiarkan.

CHE235_Flat_b19410f4-2adb-4c73-bf43-f879b114fda6

Maka dari itu author bakal memberikan beberapa obat sakit hati. Obat seperti apa? Apa yang mampu menyembuhkan kita dari sakit hati? Berikut adalah obat dari sakit hati :

1. Dekatkan Diri Kepada Tuhan

Ini adalah obat terampuh dari segala obat yang saya berikan, memang banyak dari kita merasa sakit hati karena seseorang. Akan tetapi semua itu adalah bentuk ujian dari Tuhan agar kita senantiasa ingat dan mendekatkan diri kepada-Nya. Karena semua itu berawal dari – Nya dan akan berakhir oleh – Nya. Maka dari itu, Mari , jika kalian merasa sakit hati dekatkanlah diri kalian kepada sang Ilahi.


2. Kasih Sayang

Jika kalian masih punya teman atau keluarga yang menyayangi anda, berarti kalian adalah orang  yang sangat beruntung , Karena sakit hati juga bisa dihilangkan dengan kasih sayang. Sebuah kasih sayang yang tulus dari orang sekitar anda adalah salah satu obat terkuat untuk menyembuhkan diri anda. Akan tetapi bukan cuman kita yang harus diberi kasih sayang, kita pun juga bisa memberi kasih sayang kepada orang lain, agar kita dapat


3. Rasa Syukur

Sakit hati bisa hilang jika kita selalu bersyukur. Kamu pasti akan lebih baik jika kamu melihat kondisi orang – orang yang lebih buruk dari kamu. Dan hal itu jangan buat mu menjadi sombong, buatlah hal itu untuk selalu bersyukur atas keadaanmu yang sekarang.


Mungkin sekian penjelasan dari saya tentang Sakit Hati , dan kenapa kita bisa sakit hati. Semua itu berawal dari diri sendiri, maka kita harus tau diri kita sendiri untuk menjadi lebih baik.


Wassalamualaikum Wr. Wb

3 Responses to "Kenapa Kita Bisa Sakit Hati?"

  1. sakit hati menandakan bahwa hormon endorfin juga perlu istirahat

    BalasHapus
  2. sengat bermanfaat sekali kak

    boleh juga mampir ke website kami ya kak

    www.anbidev.com

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel