Teks Pidato Tema : Membagikan Ilmu Yang Bermanfaat

4a8ac-thinkstockphotos-82055412
Assalamualaikum ..
Bismillahirrahmannirrahim..
Pada postingan kali ini saya akan memberikan contoh teks pidato yang saya buat dengan sistem ATM (Amati Tiru Modifikasi). kita langsung saja ke pengertian pidato.


Pengertian :
Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum dengan cara tertentu untuk mencapai tujuan tertentu pula. Pidato juga biasanya dibawakan oleh seseorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan suatu hal atau peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato juga merupakan salah satu materi penting dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Kita Langsung saja ke Teks Pidato Bahasa Indonesia dengan Tema Membagikan Ilmu yang Bermanfaat



Pembukaan :
Assalamualaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh.
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat serta hidayahnya, sehingga pada kesempatan hari ini kita dapat bertemu dan berkumpul bersama – sama , karena tanpa nikmat dan karunia – Nya kita tidak dapat berkumpul dan mendengarkan pidato yang saya bawakan ini.
Tak lupa juga saya ucapkan kepada segenap hadirin dan teman teman semua yang mana telah menyempatkan diri untuk menghadiri dan mendengarkan pidato yang saya bawakan.

Isi :
Hadirin yang saya cintai dan saya hormati, dengan ilmu kebahagiaan dunia akan kita rasakan. Dengan ilmu,  kebahagian alam akhirat pun akan kita raih. Sebagaimana termaktub dalam Hadits Nabi, Yang Artinya : ”Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akhirat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu”. Semakin kita memiliki ilmu, kebutuhan dan kebahagian dunia bisa kita raih, begitu pula harapan kebahagian di akhirat bisa kita rasakan.

Namun , apakah Ilmu itu hanya kita pendam sendiri? tentu saja tidak. Sebagai manusia yang berakal kita pasti belajar sesuatu yang baru, entah dari pengalaman kita sendiri atau dari orang lain. Andaikan pengalaman itu kita bagikan ke orang lain, pastilah akan sangat bermanfaat bagi orang tersebut. Sama seperti ilmu, ilmu tidak akan hilang jika ditulis, dan tidak akan habis jika dibagi. Dan akan selalu membawa hal baik jika ilmu yang kita bagikan adalah ilmu yang bermanfaat bagi seluruh umat manusia.

Walau satu Ayat Ajarkanlah! , Inti dari kalimat tersebut adalah sekecil apapun Ilmu yang kita punya , Ajarkanlah, Karena kita tidak akan tau bahwa ilmu yang kita  bagikan akan sangat berguna untuk orang lain. Maka dari itu , kita mulai dari menuntut ilmu yang bermanfaat , lalu kita sampaikan ilmu itu ke orang lain, agar senantiasa ilmu itu akan menjadi abadi dan kita akan mendapatakan kebaikan didunia maupun akhirat.

Penutup :
Demikianlah pidato singkat tentang keutamaan membagikan ilmu yang bermanfaat, yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga, kita semua bisa terus belajar sehingga kita bisa merasakan nikmatnya memiliki ilmu dan juga membagikannya.
Akhir kata, semoga ulasan singkat ini bisa mengingatkan kita akan pentingnya membagikan ilmu. Wallaahul muwaafiq ila aqwaamittooriq

Wassalaamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh.

sumber : http://www.satubahasa.com/2014/10/pidato-tentang-keutamaan-menuntut-ilmu.html (dimodifikasi)

0 Response to "Teks Pidato Tema : Membagikan Ilmu Yang Bermanfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel