Macam Pengertian Dan Definisi Di Bidang IT - Programming






Pada postingan kali ini saya akan meringkas tentang beberapa pengertian di salah satu bidang IT yang banya di minati yaitu bidang Programming, Banyak sekali beberapa kata dan juga pengertian – pengertian dalam bidang programming yang jarang diketahui oleh orang awam. Oleh karena itu, berikut Macam Pengertian dan Definisi Di Bidang IT – Programming.


  • Abstraksi Class pada istilah pemrograman mengacu pada tindakan yang mewakili fitur penting tanpa termasuk rincian latar belakang atau penjelasan. Kelas menggunakan konsep abstraksi dan didefinisikan sebagai daftar atribut abstrak.
  • Ascending adalah mengurutkan data dari kecil ke besar
  • Accessor Methods digunakan untuk membaca nilai variabel pada class,baik berupa instance maupun static. Sebuah accessor method umumnya dimulai dengan penulisan get <namaInstanceVariable>.
  • Abstraksi Data adalah merupakan tingkatan atau level bagaimana melihat data dalam sistem Basis Data (database), sejumlah konsep yang digunakan untuk membuat deskripsi struktur Basis Data (database), diwujudkan dalam pemodelan data, melalui deskripsi tersebut dapat ditentukan jenis data dan hubungannya dengan data yang lain (Relationship).
  • Attribute adalah merupakan karakteristik dari Entitas atau Relationship, yang menyediakan penjelasan detail Entitas atau Relationship tersebut. Dalam penerapannya (level fisik) atribut merupakan field atau kolom dari sebuah tabel.
  • Array adalah sebuah variabel/ sebuah lokasi tertentu yang memiliki satu nama sebagai identifier, namun identifier ini dapat menyimpan lebih dari sebuah nilai.
  • Basis Data (Database) adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redundancy) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
  • Catch digunakan untuk menangkap kesalahan atau bug yang terjadi dalam block try.
  • Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object.
  • Class file merupakan representasi dari file dan direktori (path).
  • Class FileDescriptor digunakan untuk menunjukkan descriptor dari file yang aktif.
  • Class Math berisi method untuk menunjukkan perbedaan operasi matematika seperti fungsi trigonometri dan logaritma.
  • Class Proccess menyediakan metode untuk melakukan input dari proses, melakukan output ke proses, menunggu proses untuk menyelesaikan, memeriksa status keluar dari proses, dan menghancurkan (membunuh) proses.
  • Class StringBuffer adalah pasangan class String yang menyediakan banyak fungsi string yang umum.
  • Class System menyediakan beberapa field dan method bermanfaat, seperti standard input, standard output dan sebuah method yang berguna untuk mempercepat penyalinan bagian sebuah array.
  • Extends adalah keyword yang digunakan untuk melakukan proses penurunan terhadap suatu class.
  • Entitas adalah obyek yang mewakili sesuatu dalam dunia nyata dan dapat dibedakan antara satu dengan lainnya (unique). Entitas dapat berupa : Data Fisik (seperti mobil, rumah, manusia, pegawai), abstrak atau konsep (seperti department, pekerjaan, mata pelajaran) dan Kejadian (pembelian, penjualan, peminjaman)
  • Encapsulation adalah mekanisme yang mengikat bersama-sama kode dan data dalam memanipulasi, dan membuat baik aman dari gangguan luar dan penyalahgunaan. Enkapsulasi merupakan penyimpanan data dan fungsi dalam satu unit (kelas). Sebuah antarmuka yang terdefinisi dengan baik mengontrol akses ke kode tertentu dan data. Data tidak bisa diakses oleh dunia luar dan hanya fungsi-fungsi yang disimpan dalam kelas dapat mengaksesnya.
  • Class Wrapper adalah representasi objek sederhana dari variabel- variable non-objek yang sederhana. Ada 10 tipe data Wrapper, yaitu Boolean, Byte, Character, Double, Float, Integer, Long, Number, Short, dan Void.
  • Collection merupakan istilah umum yang dipakai untuk setiap objek yang berfungsi untuk mengelompokkan beberapa objek tertentu menggunakan suatu teknik tertentu pula.
  • Descending adalah mengurutkan data dari besar ke kecil
  • Exception adalah sebuah event yang menjalankan alur proses normal pada program.
  • Extends Class adalah class yang mewarisi sifat dari sifat-sifat yang dimiliki oleh superclass.
  • Field merupakan tipe data yang didefiniskan, sementara method merupakan operasi.
  • Finally merupakan keyword pada class exception handling yang menunjukan bahwa blockprogram tersebut akan selalu dieksekusi meskipun adanya kesalahan yang muncul atau pun tidak ada.
  • Himpunan (set) adalah kumpulan Object yang mana tidak boleh ada dua dari objek yang sama di dalam satu himpunan.
  • Inheritance (pewarisan) adalah proses dimana satu objek mengakuisisi properti dari obyek lain. Ini mendukung klasifikasi hirarkis. Dengan menggunakan warisan, objek hanya perlu mendefinisikan kualitas-kualitas yang membuatnya unik dalam kelasnya. Hal ini dapat mewarisi atribut umum dari induknya. Sebuah sub - class baru mewarisi semua atribut dari super - class nya.
  • Interface merupakan sekumpulan dari method-method yang dibuat, namun belum ada operasi di dalam tubuh method tersebut
  • IOException berfungsi menginformasikan pada compiler ada proses operasi input yang mungkin failed.
  • Java String merupakan salah satu kelas dasar yang disediakan oleh Java untuk memanipulasi karakter.
  • Java SDK adalah platform dasar java yang diperlukan agar komputer atau laptop dapat digunakan untuk mengeksekusi kode-kode program bahasa java.
  • Key attribute adalah suatu atribut yang menandakan kunci dari suatu entitas dan bersifat atau mempunyai nilai unik sehingga dapat digunakan untuk membedakan data pada suatu baris atau record dengan baris lain pada suatu entitas
  • Kelas adalah kumpulan objek dari jenis yang sama. Setelah kelas didefinisikan, sejumlah objek dapat dibuat yang termasuk ke kelas tersebut. Kelas adalah cetak biru, atau prototipe, yang mendefinisikan variabel dan metode umum untuk semua objek dari jenis tertentu.
  • Konstruktor merupakan method khusus yang dipakai oleh Java untuk membuat sebuah object didalam kelas dan tiap kelas boleh memiliki lebih dari satu konstruktor.
  • List merupakan pengelompokan berdasarkan urutan seperti layaknya array, karena itu ia memiliki posisi awal dan juga posisi akhir.
  • Map merupakan Object yang memetakan object ke nilai.
  • Metode menggambarkan kemampuan objek .Contoh, Anjing memiliki kemampuan untuk berlari. Jadi berlari ( ) adalah salah satu metode dari kelas Anjing.
  • Mutator methods adalah method yang dapat memberi atau mengubah nilai variable dalam class,baik itu berupa instance maupun static.
  • Modifier digunakan untuk menentukan sifat dari suatu kelas dan menentukan preveledge (hak akses) dari kelas lain.
  • Multiple inheritance adalah pewarisan dimana kelas yang diturunkan lebih dari satu kelas yang berbeda (super-class lebih dari satu).
  • Netbeans adalah aplikasi editor terpadu (IDE atau Integreted Development Environment) yang akan mempermudah dalam membuat aplikasi karena menyediakan control visual yang penting dalam pemrograman desktop (pemrograman visual).
  • Overloading adalah mendefinisikan beberapa metode yang memiliki nama sama tetapi dengan sidik yang berbeda.
  • Overriding adalah menyediakan suatu implementasi baru untuk suatu metode didalam subkelas.
  • Objek adalah entitas dasar run-time dalam suatu sistem berorientasi objek. Masalah pemrograman dianalisis dalam hal objek dan sifat komunikasi antara mereka. Ketika program dieksekusi, objek berinteraksi satu sama lain dengan mengirimkan pesan. Objek yang berbeda juga dapat berinteraksi satu sama lain tanpa mengetahui rincian data atau kode mereka.
  • Operator kondisi (? : )  adalah operator ternary. Berarti bahwa operator ini membawa tiga argumen yang membentuk suatu ekspresi bersyarat. Contoh , (a > b ? true : false)
  • Operator precedence didefinisikan sebagai perintah yang dilakukan compiler ketika melakukan evaluasi terhadap operator, untuk mengajukan perintah dengan hasil yang tidak ambigu/ hasil yang jelas.
  • Pesan Passing adalah proses di mana sebuah objek mengirim data ke obyek lain atau meminta objek lain untuk memanggil sebuah metode . Message passing sesuai dengan " metode panggilan " .
  • Pemodelan data adalah merupakan sarana untuk melakukan abstraksi data dan sejumlah konsep untuk membuat deskripsi stuktur basis data (database). Terdapat sejumlahcara dalam merepresentasikan model dalam perancangan basis data. Secaraumum dikelompokkan menjadi dua yaitu : Object based logical model dan Record-based logical model
  • Polimorfisme berarti kemampuan untuk mengambil lebih dari satu bentuk . Suatu operasi dapat menunjukkan perilaku yang berbeda dalam kasus yang berbeda . Perilaku tergantung pada jenis data yang digunakan dalam operasi.
  • PrintWriter adalah class turunan dari Writer yang memiliki metode tambahan untuk menulis tipe data Java dalam karakter yang bisa dibaca manusial.
  • Queue merupakan model pengelompokan berdasarkan metode antrian suatu prioritas tertentu (contoh, FIFO - First In First Out).
  • Quick Sort adalah algoritma yang dijalankan sebagai akibat dari terlalu banyaknyadaftar yang diurutkan, dengan menghasilkan lebih banyak daftar yang diurutkan sebagai output.
  • Sistem Manajemen Basis Data (SMBD) atau DataBase Management System (DBMS) merupakan sebuah tatanan (keterpaduan) yang terdiri atas sejumlah komponen-komponen fungsional (komputer) yang saling berhubungan secara bersama-sama, bertujuan untuk memenuhi suatu proses atau pekerjaaan tertentu, program aplikasi yang dibuat dan bekerja dalam satu system.
  • Skema Basis Data (Database Schema)  atau abstraksi data merupakan diskripsi dari basis data yang spesifikasinya ditentukan dalam tahap perancangan. Arsitektur tiga skema basis data meliputi tiga level yaitu: Level Internal atau skema internal, Level Konseptual (skema konseptual) dan Level eksternal (skema eksternal atau view),
  • Selection Sort merupakan Kombinasi antara sorting dan searching.
  • Set merupakan pengelompokan mengikuti model himpunan dimana setiap anggota-nya harus unik.
  • Struktur atau Arsitektur Basis Data adalah kumpulan dari komponen-komponen basis data (database) dan hubungan antar komponen tersebut, merupakan serangkaian pengetahuan tentang File, Table, Field, Record Indeks, Abstraksi dan Pemodelan data serta serangkaian konsep yang digunakan untuk membuat diskripsi struktur basis data (database).
  • Single inheritance yaitu pewarisan yang jumlah kelas dasarnya (super-class) hanya satu, tetapi kelas turunannya bisa lebih dari satu.
  • SortedMap adalah sebuap Map yang memelihara elemen key-nya terurut secara ascending.
  • SortedSet adalah Sebuat set yang memelihara pemetaan elemennya secara ascennding.
  • Sorting adalah proses menyusun elemen – elemen dengan tata urut tertentu dan proses tersebut terimplementasi dalam bermacam aplikasi.
  • StringBuffer () digunakan untuk mengkonstruksi buffer string kosong
  • StringBuffer (int leght) digunakan untuk mengkonstruksi buffer string kosong (tanpa karakter) dan kapasitas ditentukan oleh parameter length.
  • Table adalah obyek utama basis data yang digunakan sebagai sarana untuk menyimpandata.
  • Throw digunakan untuk melemparkan suatu bug yang dibuat secara manual.
  • Try digunakan dalam suatu blockprogram. Keyword ini digunakan untuk mencoba menjalankan blockprogram, kemudian mengenai dimana munculnya kesalahan yang ingin diproses.
  • Throws digunakan dalam suatu method atau kelas yang mungkin menghasilkan suatu kesalahan sehingga perlu ditangkap errornya.
  • Static adalah method yang dapat dipakai tanpa harus menginisialisasi suatu class (maksudnya tanpa menggunakan variabel terlebih dahulu).
  • While loop adalah pernyataan atau blok pernyataan yang diulang-ulang sampai mencapai kondisi yang cocok.
  • Form adalah obyek di dalam DBMS Ms. Access yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam tabel
  • Report merupakan salah satu obyek di dalam DBMS Ms. Access yang berguna untuk menampilkan data dan siap dalam bentuk laporan yang siap untuk dicetak.
  • Parameter Queries adalah query yang bekerja berdasarkan data-data kriteria dan parameter lainnya yang dimasukkan terlebih dahulu kedalamnya.
  • ODBC (Open Database Connectivity) adalah fasilitas yang disediakan oleh sistem operasi Windows yang digunakan untuk komunikasi data atau akses data dari satu jenis DBMS ke jenis DBMS yang lain.
  • Switchboard adalah jenis form yang tersedia dalam DBMS Microsoft Access yang berfungsi sebagai antarmuka (interface) bagi pengguna dalam mengorganisasi semua obyek di dalam database.
  • Form Navigasi merupakan jenis form yang berfungsi untuk mengorganisasi form dan report di dalam DBMS microsoft access.


0 Response to "Macam Pengertian Dan Definisi Di Bidang IT - Programming"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel