Bagaimana Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air ?

    
        

Image result for pembangkit listrik tenaga air

       Air bisa dimnfaatkan sebagai salah satu sumber energi pembangkit listrik. Tidak hanya di Indoensia, di negara - negara besar di dunia juga banyak yang memanfaatkan tenaga yang dihasilkan oleh air untuk diubah menjadi energi listrik. Di Indonesia sendiri, pemerintah sengaja membangun bendungan - bendungan sebagai tempat pembangkit listrik tenaga air di beberapa wilayah di Indonesia. Cara kerja listrik tenaga air, kurang lebih bisa dijelaskan secara sederhana seperti penjelasan di bawah ini.
CARA KERJA LISTRIK TENAGA AIR:
       
        Prinsip kerja dari listrik tenaga air ini adalah mengubah energi yang terdapat pada air yang mengalir menjadi energi mekanik dimana kemudian energi mekanik tersebut diubah menjadi energi listrik
  • Alat utama yang dibutuhkan pada pembangkit listrik tenaga air adalah berupa turbin dan generator seperti dibawah ini:
 
  • Air yang telah ditampung di dalam bendungan dialirkan melalui dasar bendungan sehingga membentuk air terjun 
  • Air terjun inilah yang dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin karena air akan menabrak sudu - sudu turbin sehingga membuat turbin menjadi berputar. 
  • Turbin ini terhubung secara langsung dengan generator, sehingga bila turbin bergerak secara berputar, maka secara otomatis generator juga akan ikut bergerak berputar. 
  • Selama bergerak berputar, generator ini akan menghasilkan tenaga listrik. 
  • Nah tenaga listrik inilah yang kemudian oleh PLN dialirkan ke rumah - rumah pelanggan
PLTA di Indonesia

  • PLTA Jatiluhur

       PLTA yang satu ini mungkin pernah sudah cukup populer di telinga anda. PLTA Jatiluhur merupakan salah satu pembangkit listrik tenaga air terbesar yang ada di Indonesia, pasokan listrik yang dihasilkan oleh PLTA ini sudah cukup untuk mengaliri listrik di Pulau Jawa karena memiliki kapasitas daya listrik hingga 187 MW. PLTA ini mengandalkan air tampungan dari Sungai Citarum yang mengalir di sebagian besar wilayah di Jawa Barat. Tenaga listrik yang dihasilkan oleh pembangkit ini sebanding dengan banyaknya tampungan air yang ada di Bendungan Jatiluhur.

  • PLTA Singkarak

        PLTA yang berada di Kabupaten Padang Pariaman ini mengandalkan air dari Danau Singkarak sebagai penggerak turbin dan generatornya. Di musin hujan, PLTA SIngkarak dapat menghasilkan energi listrik hingga 175 MW sedangkan di musim kemarau energi listrik yang dapat dihasilkan menyust menjadi 70 MW. Hal itu disebabkan karena terbatasnya debit air danau. Pada 30 September 2009 silam, sempat mengalami gangguan dan lepas dari sistem dikarenakan gempa bumi yang mengguncang wilayah tersebut hingga 7,6 skala Richter.

  • PLTA Cirata

        Pembangkit yang berlokasi di Kecamatan Cipendeuy, Bandung, Jawa Barat ini merupakan PLTA terbesar di kawasan Asia Tenggara. Sistem pembangkit ini menggunakan 8 unit turbin yang dapat beroperasi dan menghasilkan energi listrik hingga 1008 MW. Selain itu, Cirata juga populer di kalangan para wisatawan sebagai tempat rekreasi yang berbasis air. Jadi tidak mengherankan jika tempat ini cukup ramai didatangi pengunjung saat libur dan akhir pekan.


sumber : 
https://tekniklistrik.com/cara-kerja-pembangkit-listrik-tenaga-air-secara-lengkap/
https://carapedia.com/kerja_listrik_tenaga_air_info3175.html

0 Response to "Bagaimana Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel