Kenapa Kita Masih Capek, Padahal Sudah Merasa Cukup Tidur ?


  Pernah terjadi saat kita sudah merasa cukup tidur, tetapi kita masih aja capek. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?.Rahasianya adalah ada pada cara kita sebagai manusia saat tidur. Sebelumnya kita harus tahu ,tidur itu memiliki ritme seperti berjalan , bernafas ,makan dan sebagainya.
   

  Ritme pada tidur disebut dengan Ultradian Sleep Cycle, dalam tiap ritme tersebut terdapat tahapan yang terjadi yang di bagi menjadi 4 tahap, yaitu :

1. Tidur Ringan , dalam tahap ini mata bergerak secara perlahan dan aktifitas otot kita mulai melemas.

2. Tidur Lanjut, dalam tahap ini mata kita berhenti bergerak, suhu badan menurun,detak jantung melambat dan siap untuk masuk tahap selanjutnya.

3.  Tidur Lelap, dalam tahap ini gelombang otak kita menjadi sangat lambat dan tubuh kita menjadi rileks.

4. REM (Rapid eye movement) , dalam tahap ini mata kita bergerak sangat cepat, nafas kita memendek dan tekanan darah kita meningkat.
  Dalam tahap REM gelombang otak yang terjadi hampir sama ketika kita terbangun.Dan dalam masa REM itu pula , kita sedang bermimpi.Jangka waktu yang REM terjadi setiap 90 Menit setiap siklusnya tetapi akan menjadi lebih panjang semakin lama kita tidur.
 Nah, Kembali ke pertanyaan awal kenapa kita capek , padahal udah cukup tidur ?.Jawabannya adalah Waktu saat kita bangun itu adalah kuncinya. Jika kita bangun pada tengah – tengah ritme , maka hasilnya kita masih tetap capek.Begitulah kenapa saat kita tidur masih tetap aja capek, karena kita tidur beberapa menit ,bangun tidur lagi beberapa jam , bangun lagi. Makannya kita masih tetap capek.
 Solusinya sederhana, baca doa sebelum tidur, minum susu hangat kalau punya atau minum – minuman hangat sebelum tidur dan jangan lupa matikan lampu ketika tidur.
Itulah Artikle dari saya , Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.
sumber : kokbisa? - youtube.com

0 Response to "Kenapa Kita Masih Capek, Padahal Sudah Merasa Cukup Tidur ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel